PENGERTIAN FUNGSI DAN MANFAAT  PANEL OTOMATIS GENSET

PENGERTIAN FUNGSI DAN MANFAAT  PANEL OTOMATIS GENSET
Panel otomatis genset
PENGERTIAN

Panel otomatis genset Merupakan panel listrik yang terdiri dari dua system panel yang bekerja untuk system start stop genset secara otomatis genset dan Sistem transfer energy listrik ,antara energy listrik PLN dan Genset atau sebaliknya.

Berikut penjelasannya :

System start stop genset akan bekerja pemanggilan sumber cadangan (genset) secara otomatis ketika sumber utama PLN padam ( Main Failur ),maka secara otomatis sistem akan bekerja untuk pemangilan (menghidupkan) sumber cadangan (generator / genset).

Ketika terjadi sumber utama dari pln padam maka dalam hitungan detik genset akan hidup secara otomatis.dengan adanya sistem seperti ini banyak pihak yang akan di untungkan karena energy listrik langsung secara otomatis terback up dari Genset.

Misalkan perusahaan tidak akan merugi karna karyawan yang tidak produktif saat pln padam,akan tetapi dengan adanya genset dan sistem otomatis ini akan sangat membantu semua orang.

Dri sisi  operator genset pun tidak perlu standy by terus di dekat genset untuk berjaga jaga kalau pln padam.meskipun semua sdh otomatis dari mulai padam pln terus genset hidup dan sampai pln nyala kembali sdh sistem otomatis

Akan Tetapi Sebagai teknisi atau operator genset tetap saja memantau secara manual.yaitu pengecekan oli,air radiator,dan air aki.minimal pengecekan tersebut dilakukan sekali dalam seminggu.

Untuk menjaga keselamatan  hal yang sangat penting dilakukan ketika akan melakukan pengecekan genset yaitu buatlah genset ke dalam posisi manual.hal ini dilakukan untuk mencegah genset hidup pada saat operator sedang melakukan pengecekan.

PENGERTIAN FUNGSI DAN MANFAAT  PANEL OTOMATIS GENSET

Sistem transfer energy listrik pengertiannya ialah perpindahan antara sumber listrik utama dengan sumber listrik cadangan dengan settingan waktu yang ditentukan.

Ketika sumber utama mati (PLN)genset akan hidup dipanggil oleh system start stop genset  dan setelah genset  mengeluarkan Tegangan, maka listrik akan nyala kembali di back up oleh genset. Untuk Tanfer energy listrik dari genset bisa di Setting sesuai kemauan kita.

Sumber energy listrik utama biasanya menggunakan sumber energy listrik dari PLN ( Main ),dan sumber tegangan cadangan biasanya menggunakan sumber dari genset.akan tetapi dalam hal ini sumber utama bisa saja dari genset juga.

Maksudnya  dari sumber utamanya genset ialah sistem biasanya digunakan untuk wilayah yang tidak dapat jangkauan pln,yaitu genset akan hidup dan dipakai secara bergantian dengan settingan waktu tertentu

Misalnya Wilayah yang tidak mendapat jangkauan pln sedangkan wilayah tersebut memerlukan pasokan listrik  atau perusahaan atau pabrik yang untuk operasional pabriknya Full menggunakan energy listrik dari genset.

Maka ditempat tersebut perlu menggunakan genset setidak nya harus menggunakan 2 genset atau lebih untuk system bergantian.untuk menjaga agar genset  tetap  berjalan  dengan bagus maka perawatanya pun bisa bergantian.

Untuk pergantian antara genset satu dengan genset lainnya bisa diatur oleh timer otomatis.jadi transfer switch atau perpindahan antara kedua sumber ini bisa terjadi antara PLN dengan Genset atau Genset dengan Genset secara otomatis.

Untuk Keamanan agar tidak terjadi tabrakan sumber listrik dalam keadaan otomatis wajib menggunakan interlocking (saling kunci) baik di  system atau di Wiring Spare parts yang di gunakan untuk Tranfer daya .supaya tidak terjadi tabrakan antara kedua sumber tersebut.

Material atau Spare parts transfer switch tersebut bisa menggunakan beberapa model type,seperti : contactor,mccb (Moulded case circuit breaker),ACB (Air Circuit Breaker) dan ACOS (Automatic Change Over Switch).

Sekarang ini dipasaran telah banyak beredar berbagai merek komponen material panel Taranfer switch seperti contoh merek : Schneider,socomec, LS/LG , Salzer,Fort DLL.

PENGERTIAN FUNGSI DAN MANFAAT  PANEL OTOMATIS GENSET

Baca Juga : Harga Panel otomatis genset

FUNGSI

Panel otomatis genset Sesuai namanya Panel otmatis genset berfungsi untuk menyalakan genset secara otomatis apabila listrik PLN (main) padam. Untuk menjalankan fungsi ini, system start stop genset memerlukan input listrik PLN (Sensing Main failur)

Data-data Engine dan generator bisa di monitoring lewat panel otomatis genset untuk mengetahui apakah genset berhasil dinyalakan atau tidak Panel otomatis genset di di konek lewat kabel kontrol  ke genset sebagai koneksi untuk menyalakan dan mematikannya.

Pada saat ini genset keluaran terbaru sudah menggunakan system modul, kebanyakan modul kontrol mereka sudah menyediakan fungsi system start stop otomatis genset ini,sehingga kita kalau membuat system Otomatis genset Tinggal membeli Panel transfer swicthnya saja.

Sampai pada tahap ini, jika genset sudah hidup otomatis, genset sudah menyala dan siap dengan tegangan normal , maka tinggal menerima perintah untuk transfer daya ke beban (ke gedung) Untuk menyambungkan genset ke jaringan gedung secara otomatis, itulah fungsi Sistem transfer energy listrik ( Tranfer Swicth )

Sistem transfer energy listrik ( Tranfer Swicth )  juga perlu mendeteksi  Energi listrik dari PLN, sehingga jika PLN sudah menyala, Sistem transfer energy listrik ( Tranfer Swicth )  akan mengoperkan  beban dari genset ke PLN secara otomatis pula.

Jadi pada prinsipnya, Panel Otomatis genset menggantikan fungsi operator manual untuk berjaga sehari-hari, untuk mengantisipasi pemadaman PLN.

Namun sudah kita jelaskan diatas tadi secanggih-canggihnya Panel otomatis Anda, operator atau teknisi tetap harus ada untuk memonitor kesiapan mesin, seperti level air radiator, ketegangan fan belt, oil level,  mengganti filter-filter, memeriksa adanya kebocoran oli atau radiator, dan sebagainya.

MANFAAT

Manfaat apabila kita mengunakan panel Otomatis genset antara lain  :

  • Operasional otomatis 
  • Efisiensi pemakaian BBM Genset
  • Mengurangi biaya operataor
  • Mencegah Kerugian karena pemadaman listrik
  • Membantu pemeliharaan batery genset
  • Menjaga peralatan listrik akibat fluktuasi listrik dari PLN

KESIMPULAN

Panelotomatis genset ialah panel sistem otomatis untuk pemanggilan sumber cadangan yaitu genset untuk running dan mengatur perpindahan kedua sumber PLN dan GENSET  secara otomatis .


Kami Melayani pembuatan panel Otomatis genset dan Jasa Service panel otomatis genset ,Jasa  Pembuatan dan Service panel Otomatis genset di tangani oleh tenaga teknisi  yang handal , terlatih dan jujur akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk Panel otomatis genset Anda . Untuk harga jasa service dan pembuatan panel genset kami dapat bersaing dengan competitor yang lain.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  :

ELECTRICALPANELINDO

Hp / WA : 081318261117

E-mail : electricalpanelindo@gmail.com

 
Top